3 Sumber Segala Dosa

Oleh: Mas Imam.

Mengapa manusia bisa jatuh kedalam perbuatan dosa dan maksiat ?
Mari kita renungkan dan perhatikan bahwa ada 3 sifat tercela sebagai sumber atau muara dari segala dosa yang dakukan oleh anak adam.
Adapun 3 sifat tercela tersebut adalah sebagaimana disabdakan oleh baginda Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
" Tiga hal yang merupakan sumber segala dosa, hindarilah dan berhati hatilah terhadap ketiganya. Hati hati terhadap keangkuhan, karena keangkuhan menjadikan iblis enggan bersujud kepada Adam, dan hati hatilah terhadap tamak (rakus) karena ketamakan mengantar Adam memakan buah terlarang, dan berhati hatilah terhadap iri hati, karena kedua anak Adam ( Qabil dan Habil ) salah seorang diantaranya membunuh saudaranya akibat dorongan iri hati."
( Riwayat Ibnu Asakir melalui Ibn Mas'ud ).
Inilah ketiga sifat tercela yg menjadi sumber dari perbuatan dosa yang dilakukan manusia yaitu Sombong ( Al Kibr ), Tamak/rakus ( Al Hirsh ), Dengki/iri ( Al Hasad ).
Ibnu Qayyim Rahimahullah dalam kitabnya Al Fawaaid mengatakan," Barangsiapa yang terbebas dari tiga sifat ini, maka dia akan terlindung dari segala macam kejelekan. ( Ketahuilah), kekafiran itu berasal dari sifat sombong. Maksiat berasal dari sifat tamak. Sikap melampaui batas dan kezhaliman berasal dari sifat dengki/irihati (hasad)."
Sssttt, jangan lihat kanan kiri depan belakang atas bawah, hayya bina!!!
yuukk kita hancurkan sifat tercela tersebut bila ada pada diri kita, segera ucapkan Istighfar, tobat...bila kita masih makan dari uang RIBA...
Dan semoga kita semua terbebas dari sifat Sombong, Tamak, Rakus, Iri/Dengki..dan menjadi orang yg tawadhu.. Takwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, aamiin.

Advertisement

0 Response to "3 Sumber Segala Dosa"

Post a Comment