Apa itu Bahasa Toilet ?

bedanya toilet gubernur

BATAM -- "Maaf saya menggunakan bahasa toilet".  Beberapa hari ini kosa kata itu mencuat melalui media, seorang Gubernur meminta maaf karena telah menggunakan bahasa toilet dalam wawancara live melalui satu stasiun televisi swasta.  
Kalau mengacu kepada wikipedia Toilet, Kakus, Kloset atau WC (bahasa Inggris: water closet) adalah perlengkapan rumah yang kegunaan utamanya sebagai tempat pembuangan kotoran , yaitu air seni dan feses. Air seni ya bukan kencing, feses bukan disebut taik, terkadang untuk halus nya di sebut tinja.

Istilah toilet maupun WC dapat digunakan untuk mengacu pada perlengkapan tersebut maupun ruangan tempat perlengkapan tersebut berada. Malah istilah kamar kecil biasanya digunakan dalam bahasa Indonesia untuk memperhalus penyebutan tempat tersebut.
terpanjang di dunia

Di dalam toilet terdapat kloset, ada yang duduk dan ada yang jongkok. Di beberapa tempat toilet ini disebut dengan kakus, kakus terpanjang di dunia konon ada di Indonesia yaitu di Jakarta, sepanjang bantaran sungai yang melalui daerah kumuh terlihat orang buang hajat di kakus yang seadanya. Pasti orang tak menyebut itu dengan toilet karena tidak ada disitu klosetnya.
Nah orang-orang yang membuang kotoran disitu selalu mengatakan berak, dan tidak mengatakan feses atau tinja, acap menyebut taik

Di dalam toilet juga tempat bersemayam jin, tempat favorit jin. Islam mengajarkan umatnya untuk membaca doa sebelum masuk ke ruang itu. Berlindung dari setan. Begitu juga saat keluar.  
 .   
mck, tahu kepanjangannya?

Terdapat pula beberapa cara untuk membersihkan diri setelah menggunakan toilet. Hal ini bergantung pada norma dan adat setempat maupun sumber daya yang ada.
Di Asia, air digunakan untuk keperluan tersebut, dan biasanya dengan menggunakan tangan kiri. Di Barat, yang lazim digunakan adalah kertas toilet, dapat juga dengan menggunakan perlengkapan lain mirip toilet yang disebut bidet.

Ruangan toilet kadang dirancang khusus untuk memudahkan orang cacat. Biasanya toilet semacam itu cukup luas untuk dapat dimasuki dengan berkursi roda dan pada dindingnya sering terdapat pegangan yang dapat membantu pengguna toilet menempatkan dirinya.

Di negara maju, hampir semua tempat tinggal memiliki paling sedikit sebuah toilet. Toilet di tempat tinggal pribadi umumnya tidak dipisahkan menurut jenis kelamin. Toilet dapat berada satu ruangan dengan tempat mandi, dapat pula tidak. Ternyata di negara tidak maju pun kakus yang berada di bantaran kali ini tidak memisahkannya. 

Sebenarnya sejak jaman romawi kuno memang parit parit sudah digunakan untuk membuang hajat ini. Mereka dulu ada yang menggunakan pispot, tinja yang ada dalam pispot di buang ke parit, terkadang dari jendela.
Awal tahun 70-an di tempat kami banyak toilet terbang, buang kotoran dalam rumah dalam kantong plastik terus di putar putar di lempar ke tempat buangan sampah.

Orang, akan terekam dalam benaknya apa yang di alami sejak kecil. Baik perkataan , perbuatan. Dan tanpa sadar hal itu akan sangat berpengaruh setelah yang bersangkutan besar. Penyebutan taik, berak, dan lain lain yang ada di toilet itu semua disebut, seperti alat kelamin orang yang ada di toilet.

Dalam kisah para Nabi, disebutkan hampir semua Nabi dan rasul itu pada masa mudanya adalah penggembala, dari situ mereka agaknya belajar menjadi penggembala pemimpin.

Jadi menurut saya pemimpin yang berkata kurang santun, karena sejak kecil tidak santun, terbiasa mengucapkan kata-kata kotor dan jorok dilingkungannya   
 

 

Advertisement

0 Response to "Apa itu Bahasa Toilet ?"

Post a Comment