Tahukah Anda Dimana Letak Ketidakhalalan Roti?


PADANG -- Berkunjung ke Padang (Sumbar) pekan lalu (7/3) Buletin Jumat (BJ) menginap di Basko Hotel. Masih satu bangunan dengan Hotel bintang lima itu, disebelah utara, terdapat pusat perbelanjaan MATAHARI, beberapa resto terkenal, seperti SOLARIA, J&CO dan juga BREADTALK juga ada disana.
Cukup ramai pengunjung datang dan menyantap penganan yang disediakan oleh toko roti J&CO dan BREADTALK, hampir semua pengunjung wanita yang terlihat oleh BJ berkerudung.
Itulah yang membuat BJ bertanya kepada staf kedua toko Roti yang juga tersebar dibeberapa kota di Indonesia, seperti Batam misalnya. Dan seperti yang diduga semula kedua toko roti itu belum juga mempunyai Sertifikat Halal.
Isna leader yang sedang bertugas di toko roti Breadtalk itu misalnya, sudah bekerja selama lima tahun, menyatakan belum ada juga tanda-tanda toko roti tempat dia bekerja akan mengurus sertifikat halal. Dan diakuinya bahwa beberapa tahun lalu ada jenis penganan yang dijual disitu mengandung bahan yang tidak halal.

 “Tetapi sekarang kami tidak jual lagi” ujar Isna.
Sementara staf manajer J&Co pernah juga menanyakan soal sertifikat halal ini kepada pihak atasan, “Sampai kini ya belum juga ada kabar” jelas lelaki muda itu.

Toh tanpa sertifikat halal  kedua toko roti itupun  ramai pengunjung, beberapa pelanggan yang BJ temui, menyatakan, tak terlalu begitu mempersoalkan kehalalan roti, “Ahk kalau mau dipersoalkan, warung dipinggir jalan itu saja, tak bersih” ujar seorang ibu berkeru dung dengan mimik tak senang sambil menyantap penganan yang terhidang didepannya, pakai  tangan kiri lagi. “Saya kesini karena dingin, diluar panas” teman disebelahnya menimpali.
Beberapa anak sekolah terlihat dari pakaian seragam sekolah, tak jadi membeli roti saat BJ menghampiri mereka, menjelaskan perlunya logo sertifikat halal karena tidak ada tercantum di toko tersebut.
Kapan kita peduli halal ya? (imbalo) baca selanjutnya ...  Tahukah Anda Dimana Letak Ketidakhalalan Roti? (2) 

Advertisement

0 Response to "Tahukah Anda Dimana Letak Ketidakhalalan Roti?"

Post a Comment