Pakaian pun perlu disegarkan

poto 
Arni Rachman
Oleh: Mas Imam.

Saudaraku, mari kita perhatikan pakaian kita setelah beberapa waktu kita pakai. Debu, asap hitam, coretan tinta, najis, atau lainnya bisa menempel di pakaian yang kita kenakan itu.

Pakaian pun perlu disegarkan. Itulah mengapa ia harus dicuci, bahkan pada beberapa tempat kita perlu menyikatnya secara lebih khusus.

Begitu pula dengan hati kita. Hati kita pun bisa terkotori oleh debu dosa, coretan maksiat, atau najis syirik, riya’, dan lain-lain. Hati kita juga perlu penyegaran. Dan sarana penyegaran hati adalah dengan memperbanyak dzikir pada Allah. 

Dosa dan kemaksiatan membuat hati menjadi keras. Itu sebabnya, Allah memerintahkan kepada kita agar beristighfar dan dzikir dalam rangka melembutkan hati. Jika kita berdzikir, maka hati yang keras pun akan mencair lembut karena takut pada Sang Maha Lembut.

Saudaraku, mari kita bersemangat untuk selalu berdzikir kepada Allah seperti yang telah diajarkan Nabi-Nya. Dzikir adalah obat bagi jiwa yang gersang dan hampa. Dzikir kepada Allah adalah penenang hati, sedangkan membicarakan aib orang lain adalah penyakitnya.


Akhukum fillah.

Advertisement

0 Response to "Pakaian pun perlu disegarkan"

Post a Comment