RIBA : Rayuan Iblis Berujung Azab.

Oleh: Mas Imam.

Hutang Dapat Membuat Rasa Gelisah di Malam Hari dan Rasa Hina di Siang Hari
Banyak orang2 kehilangan harga dirinya dan cenderung menghindar untuk berkumpul karena ia takut terkena cercaan dari orang2 yg telah meminjamkan hutang kepadanya.

Berkenaan dengan hal tersebut at-Thahawi meriwayatkan dari 'Uqbah bin 'Amir bahwasanya Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda :" Janganlah kalian membuat takut jiwa2 setelah kalian mendapatkan ketenangan." Mereka bertanya :" Apakah hal itu, wahai Rasulullah ? Beliau menjawab :" Ia Adalah Hutang ? ( Al Jami-li Ahkam al Qur'an, al Qurthubi (3/416).

Maka hendaklah setiap orang memahami dan menyadari dengan sepenuhnya bahwa hutang adalah sebuah kehinaan, sebagaimana kata mutiara ini :
" Hutang dapat membuat rasa gelisah di malam hari dan rasa hina disiang hari."
Al Qurthubi berkata," Para guru kami berkata," Sesungguhnya hutang adalah aib dan kehinaan, karena hutang dapat menyibukkan hati, memusingkan pikiran, membuat perasaan gelisah yang tak berujung sebelum dilunasi, rendah diri di hadapan pemilik uang saat bertemu dengannya, dan menanggung cacian saat meminta tangguhan tempo pembayaran " ( Al Jami-li Ahkam al Qur'an, al Qurthubi ( 3/417).

Sssttt, jangan lihat kanan kiri depan belakang atas bawah, hayya bina !!!

Doa Melunaskan Hutang
"Ya Allah, cukupkanlah aku dengan (rezki-Mu) yang halal dan yang haram. Cukupkanlah aku dengan keutamaan Mu sehingga tidak lagi membutuhkan selain Mu ( HR.Tirmidzi).
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Mu dari gundah hati dan kesedihan, dari (rasa) lemah dan malas, dari (rasa) kikir dan penakut, dari lilitan hutang dan penguasaan orang lain." (HR.Bukhari).
Semoga kita terbebas dari lilitan Hutang, aamiin

Putuskan jalur hutang berdampak RIBA..

Advertisement

0 Response to "RIBA : Rayuan Iblis Berujung Azab."

Post a Comment