Sabar

Oleh: Mas Imam.

Dari Abu Sa'I'd bin Malik bin Sinan al Khudri رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ , bahwasanya ada sekelompok Sahabat Anshar meminta (sesuatu) kpd Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ dan beliau memberinya. Lalu mereka meminta lagi dan beliaupun memberinya hingga habis apa yg ada pada beliau.
Kemudian beliau bersabda :" Kebaikan (harta benda) yg ada padaku tidak akan aku simpan. Barangsiapa yg memelihara diri, maka Allah akan memberinya kemampuan untuk memelihara dirinya. Barangsiapa yg berusaha cukup, maka Allah akan mencukupinya. Barangsiapa yg berupaya sabar, maka Allah akan memberinya kemampuan untuk sabar, dan tidak ada pemberian Allah kpd seseorang yg lebih baik dari pada sabar. ( Muttafaqun'alaih).

Sabar adalah menahan diri dalam keadaan sulit.
Al Hafizh Ibnu Hajar al Asqolani رحمه الله mengatakan," Sabar adalah menahan diri dari membalas ucapan atau perbuatan yg menyakitkan.
Sabar merupakan etika terpuji, watak yg disukai, perangai yg indah, bagus akibat dan pengaruhnya, serta melimpah faedah dan manfaatnya.

Sabar dapat diklasifikasikan menjadi 3 macam :
1. Sabar dalam menjalankan ketaatan yg diperintahkan dan dibebankan oleh Allah سبحانه وتعالى. serta menahan derita terhadap keberatan dalam melaksanakan ketaatan tsb.
2. Sabar dari perkara yg diharamkan dan sikap durhaka atas larangan Allah سبحانه وتعالى , mengekang keinginan dan hawa nafsu, serta mengorbankan diri agar tidak terjerumus kedalam lumpur kehinaan.
3. Sabar terhadap sakitnya musibah, pedihnya kesusahan, ujian, dan cobaan, apapun sebab, bentuk dan macamnya.

Buah yg dapat dipetik dari sabar adalah meraih pertolongan Allah Ta'ala, sebagaimana firmannya :
"Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. ( QS. Al Baqarah :153 ).
Sssttt, jangan lihat kanan kiri depan belakang atas bawah, hayya bina !!!

Semoga kita diberi kemudahan untuk bersabar atas perlakuan Pemimpin kita, atasan kita, teman sekerja kita, bawahan kita dan orang yg sangat kita cintai, untuk meraih Ridho Allah. Aamiin.
Semoga kita diberi kemudahan oleh Allah untuk selalu taat dan patuh dalam menjalankan perintahnya dan meninggalkan larangannya dimana saja kita berada, baik dalam kondisi senang maupun susah, baik kondisi sehat maupun sakit, baik kondisi kaya maupun miskin, yg akhirnya Allah lah tempat kita mengadu, tempat kita berkeluh kesah, tempat kita memohon perlindungan dan tempat kita meminta apa yang kita inginkan, Subhanallah, Allahu Akbar, dan Wafatkanlah kami dalam kondisi khusnul khotimah dan akhirnya ditempatkan Allah di Surganya yg paling tinggi, aamiin.
رَبَّناَ آفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَ فَّنَا مُسْلِمِينَ
" Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepadamu)." (QS. Al A'raf Ayat 126)

Mari kita tinggalkan Maksiat kepada Allah dan Rasulnya yaitu : Syirik, munafik dan
juga seperti :
1. Dusta
2. Khianat
3. Ghibah
4. Namimah
5. Riba
6. Zina
7. Fitnah
dan lainnya
Astaghfirullah, Tobat Ya Rabb...
Mulai detik, menit, jam, hari, pekan, bulan, tahun ini ana harus berubah menjadi lebih baik, yaitu menghindari sekecil apapun maksiat kepada Allah dan Rasulnya.


Advertisement

0 Response to "Sabar"

Post a Comment