Selektif Dalam Memilih Teman Bergaul

Suatu hari di Pulau Mak Dayang Batam Indonesia bersama
Abdul Wahab Ahmad
Oleh: Mas Imam.

Dari Abu Musa, dari Nabi. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ,beliau bersabda, "Sesungguhnya perumpamaan teman duduk yang baik dan teman duduk yang buruk adalah seperti pembawa minyak wangi dan tukang pandai besi.

Adapun pembawa minyak wangi, boleh jadi ia akan memberimu atau kamu akan membeli (minyak wangi) darinya, atau kamu akan mendapati bau harum nya. Adapun tukang pandai besi, boleh jadi akan membakar pakaianmu, atau kamu akan mendapatkan bau busuknya". [HR. Muslim juz 4,hal. 2026]

Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, bersabda : “Seseorang itu mengikuti agama sahabatnya. Maka,hendaklah kalian memperhatikan siapa sahabat kalian”. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah, no. 927)

Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, bersabda : “Janganlah anda berteman melainkan dgn orang mukmin dan janganlah me makan makananmu, kecuali orang bertaqwa”. (HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Abu Dawud)
Berkata Umar bin Khathab رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ :
“Janganlah anda berjalan bersama orang fajir (yg bergelimangan dalam dosa), karena dia akan mengajarkan kepada anda perbuatan dosanya.

Bearkata Muhammad bin Wasi' :
“Tiadalah tersisa dari kenikmatan dunia, selain shalat berjama'ah dan berjumpa dgn teman (yg shalih)”
Berkata Bilal bin Sa'ad : “Saudaramu yg selalu mengingatkanmu akan kedudukanmu di sisi Allah adalah lebih baik bagimu daripada saudaramu yg selalu memberimu dinar (uang)”.

Berkata sebagian salaf : “Orang yg paling lemah (tercela), yaitu orang yang tidak mau mencari teman (yang baik). Dan yang lebih lemah (tercela) daripadanya, ialah orang yang apabila telah mendapatkan teman (yang baik)- ia menyiakan nya.
Alangkah bahagianya, apabila kita diberi rezki oleh Allah berupa teman yang shalih. Teman yang selalu mengingatkan dan menasihati kita untuk tetap istiqamah, sehingga kita selamat dari api neraka dan masuk ke dalam surga. Itulah teman yang baik dan bermanfaat di dunia dan akhirat.

Sssttt, Jangan lihat kanan kiri depan belakang atas bawah, hayya bina !!!
Semoga kita termasuk teman yang selalu mengingatkan akhirat dan sahabat yang mengingatkan ketika berbuat khilaf atau saat melihat kita melakukan amalan yang tidak disyariatkan dalam Islam..
Allahu Akbar...
Subhanallah...
Tidak pernah berhenti dalam memberikan motivasi akhirat yg tidak melupakan dunia, terus ber amar ma'ruf nahi mungkar.

Advertisement

0 Response to "Selektif Dalam Memilih Teman Bergaul"

Post a Comment