Siapa Teman Kepercayaanmu ? ?


Robi Kurniawan
Oleh: Mas Imam.

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang di luar kalanganmu (Karena) mereka tidak hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkanmu. Telah nyata kebancian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya.(QS. 3:118)

Baginilah kamu, kamu menyukai mereka padahal mereka tidak menyukaimu dan kamu beriman kepada kitab-kitab semuanya. Apabila mereka menjumpaimu, mereka berkata:" Kami beriman." dan apabila mereka menyendiri, mereka mengigit ujung jari lantaran marah bercampur benci terhadapmu. Katakanlah (kepada mereka) " Matilah kamu karena kemarahanmu itu. " Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati." (QS. 3:119 )

Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan. (QS. 3:120)

Allah Tabaaraka wa Ta'ala melarang hamba-hamba-Nya yg beriman untuk menjadikan orang2 munafik sebagai teman kepercayaan. Yakni mereka akan membukakan rahasia dan segala yang tersembunyi untuk musuh orang-orang Islam. Dan orang-orang munafik itu, dengan segenap daya dan kekuatannya, tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudaratan bagi orang-orang yg beriman. Yakni selalu berusaha keras untuk menyelisihi dan menjerumuskan mereka ke dalam bahaya dengan segala cara, serta melakukan berbagai tipu muslihat yg dapat dilakukan.Mereka juga menyukai hal-hal yang dapat menyulitkan, melukai dan menyusahkan orang-orang yang beriman.

Dinukil dari Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2, Juz4, Hal.121

Sssttt, jangan lihat kanan kiri depan belakang atas bawah, hayya bina !!!
Semoga yg menjadi teman kepercayaan kita adalah orang-orang yg beriman, aamiin
Saling nasehat menasehati dalam mencapai Ridho Ilahi
Siap mendukung amar ma'ruf nahi mungkar.
Bermuamalah menjauhi dan menghilangkan Riba, salah satunya mengajak menutup rekening yg ada di Bank Konvensional dan memberitahukan untuk berhijrah ke Bank Syariah. In Sya' Allah membawa berkah,  aamiin.

Advertisement

0 Response to "Siapa Teman Kepercayaanmu ? ?"

Post a Comment