Cina dan Sumpit


CHINA- Berkunjung ke Cina, diatas meja makan baik itu resto kecil maupun besar, halal atau pun tidak kita akan menemukan sumpit.
Iya memang sumpit diciptakan bangsa Cina dan sudah dikenal di Cina sejak 3.000 hingga 5.000 tahun yang lalu. Di dalam masyarakat Cina, makan bersama dianggap sebagai sarana mempererat tali persaudaraan dan kesempatan berkumpul dengan sanak keluarga dan teman-teman, sehingga penggunaan alat makan yang tajam harus dihindari.

Mau coba dulu akh bagaimana rasanya makan dengan sumpit, ternyata pada zaman dulu, gading gajah sering digunakan untuk membuat sumpit mahal di Cina. Pengguna sumpit dari gading gajah adalah kalangan pejabat tinggi dan orang berada. Sumpit dari perak pernah digunakan istana kaisar di Cina untuk mendeteksi racun yang mungkin dibubuhkan pada makanan. Sumpit akan berubah warna akibat reaksi kimia jika makanan telah diberi racun.

Pada abad ke-6 atau abad ke-8 Masehi, sumpit sudah merupakan alat makan yang umum bagi suku Uigur yang tinggal wilayah stepa Mongolia
Di Thailand, sumpit hanya digunakan untuk makan mi dan sup setelah Raja Rama V memperkenalkan alat makan dari barat di abad ke-19.

Sumpit alat makan yang berasal dari Asia Timur, berbentuk dua batang kayu sama panjang yang dipegang di antara jari-jari salah satu tangan. Sumpit digunakan untuk menjepit dan memindahkan makanan dari wadah, dari piring satu ke piring lain atau memasukkan makanan ke dalam mulut. Sumpit bisa dibuat dari bahan seperti bambu, logam, gading dan plastik yang permukaannya sudah dihaluskan atau dilapis dengan bahan pelapis seperti pernis atau cat supaya tidak melukai mulut dan terlihat bagus.

Sumpit digunakan di banyak negara di seluruh dunia untuk menikmati makanan khas Asia Timur. Di beberapa negara Asia Tenggara, sumpit merupakan alat makan utama yang sama pentingnya seperti sendok dan garpu.

Di Indonesia, pilihan sendok-garpu atau sumpit disediakan di rumah makan yang menyediakan masakan Cina, masakan Korea, masakan Jepang, masakan Vietnam, masakan Thailand hingga penjual bakso atau mi pangsit di pinggir jalan.

Tahukah anda, setiap tahun, Cina menghabiskan 80 miliar pasang sumpit sekali pakai. Pohon yang ditebang untuk membuat sumpit biasanya yang berusia sekitar 20 tahun. Dan 20 juta pohon ditebang setiap tahun untuk memenuhi permintaan pembuatan sumpit.
Aku pun mulai belajar menyumpit  - makan dengan sumpit -  dan ternyata.....!!!!!!!?????..

Advertisement

0 Response to "Cina dan Sumpit "

Post a Comment