Tempat-Tempat Jin Bersemayam (1)

SEPERTI layaknya manusia, jin pun memiliki tempat untuk ia tinggal. Hanya saja, terkadang kita tak meyadari akan hal itu. Kebanyakan orang berpikir bahwa jin hanyalah tinggal di pohon-pohon yang besar. Padahal, tidak demikian adanya. Jin juga memiliki berbaga tempat yang berbeda yang dapat ia jadikan tempat tinggal. Di mana sajakah itu?

1. Di rumah-rumah
Dari Sa’id Al Khudri dikatakan Rasulullah SAW bersabda, “Di dalam rumah terdapat penghuni-penghuni (jin) maka jika kamu melihat sesuatu (yang aneh) maka usirlah ia 3X kalau ia pergi maka biarkanlah, tapi jika ia membandel (tidak mau pergi) maka bunuhlah, sebab ia pasti jin kafir,” (HR. Muslim).
“Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada satu rumah orang muslim pun kecuali di atap rumahnya terdapat jin muslim. Apabila ia menghidangkan makanan pagi, mereka (jin) pun ikut makan pagi bersama mereka. Apabila makan sore dihidangkan, mereka (jin) juga ikut makan sore bersama orang-orang muslim. Hanya saja, Allah menjaga dan menghalangi orang-orang muslim itu dari gangguan jin-jin tersebut,” (HR. Abu Bakar dalam Kitab Fathul Bari oleh Ibnu Hajar Atsqolani).

 Sabda Nabi Muhammad SAW. / Rasulullah SAW. :
“Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (Hadist Riwayat Muslim nomor 2018).

Dari dalil kuat di atas (hadits shahih) dapat kita simpulkan bahwa jika kita tidak ingin makanan yang kita makan turut dinikmati oleh jin-jin makan yang harus kita lakukan adalah menyebut nama Allah SWT sebelum makan dan minum.  Akan lebih baik lagi apabila kita berdoa yang lebih spesifik lagi sebelum makan dan minum seperti doa sebelum makan yang sering diajarkan di kelompok bermain (playgroup), taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD).  Jika kita tidak melakukannya maka para jin pun bisa ikut makan bersama kita sehingga apa yang seharusnya bisa kita dapat secara penuh jadi tidak bisa kita dapatkan secara utuh karena ada jin yang turut mendapatkannya.  Terima kasih

Advertisement

0 Response to "Tempat-Tempat Jin Bersemayam (1)"

Post a Comment