Khiyar Majlis

Oleh: Mas Imam.

Abu Khalid (Ia masuk Islam sewaktu Fathu Makkah, sedangkan ayahnya termasuk tokoh Quraisy, baik di zaman Jahiliah maupun setelah masuk Islam), Hakim bin Hizam رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ , berkata bahwa Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda : "Dua orang yg melakukan jual beli bebas memilih sebelum keduanya berpisah. Jika keduanya jujur dan berterus terang dalam jual beli, maka keduanya akan mendapatkan berkah. Namun, jika keduanya tidak berterus terang dan berdusta, maka jual beli yang mereka lakukan tidak akan berkah." ( HR.Bukhari dan Muslim ).

Pelajaran-Pelajaran Hadits :
1. Para ulama Syafi'iyah memperbolehkan khiyar majlis (hak membatalkan transaksi jual beli selama masih berada di tempat). Sementara itu, para ulama Hanafiyah tidak memperbolehkannya, karena sejak transaksi disepakati secara lisan, maka transaksi telah selesai. Mahzab lain berpendapat," Perbedaan antara penjual dan pembeli, seperti ketika pembeli menawar dengan harga yang tidak disepakati oleh penjual, berarti transaksi secara lisan telah selesai."
2. Penjual wajib menjelaskan kpd pembeli, ketika terdapat cacat, kekurangan, atau kelemahan pada barang yg dijual. Jika penjual tidak menjelaskannya, lalu setelah transaksi pembeli mengetahuinya, maka pembeli berhak membatalkan transaksi.
3. Dusta merupakan penyebab tidak berkahnya suatu usaha.
4. Penjual yg jujur senantiasa mendapat berkah dari Allah. Begitu juga dengan seorang hamba yg jujur ketika menjalin hubungan dengan Tuhannya dan tidak berlaku riya' ketika melakukan kewajiban. Dia pasti mendapatkan berkah dan diberi pahala oleh Allah سبحانه وتعالى .

Dinukil dari Kitab Syarah & Terjemah Riyadhus Shalihin, karya Imam Nawawi, Jilid I , Hal. 97-98
Sssttt, jangan lihat kanan kiri depan belakang atas bawah, hayya bina !!!

Bagaimana dengan transaksi muamalah kita, khusus pada transaksi Jual Beli ?
Sudahkah berkah menyapa kita ?
Agar transaksi kita berkah,
1. Jujur
2. Menjelaskan cacat pada barang yg diperjualbelikan
Ibrah..juga untuk praktisi Bank Syariah dan Nasabah Bank Syariah..
Apakah kita sudah mengetahui syariat agama ini ?
Astaghfirullah, tobat, Ya Rabb...
bila ternyata kita belum mengetahuinya...
karena betul ! biasanya kita hanya ikut-ikutan..
Alhamdulillah, pagi ini kita dapat pencerahan, semoga kedepan kita tidak mengulanginya kembali..
Pelajaran yg dapat kita peroleh dari mengenal Khiyar Majlis adalah :
1. Barang yg akan kita beli yakin kebenarannya dan keasliannya dan kebaikannya bila tidak maka kita dapat segera membatalkannya.
2. Tidak ada rasa kecewa, sedih atas barang yg kita beli.
3. Mendapatkan berkah dari Allah atas kejujuran dan terbuka pada kondisi barang yg diperjualbelikan.
4. Bolehnya membatalkan transaksi Jualbeli bila tidak sesuai yg diinginkan. wakauoun ada petbedaan pendapat dikalangan imam mahzab.
5. Diharuskannya penjual ada barang yg akan diperjualbelikan dan mengetahui keberadaan barangnya ataupun cacatnya begitu pembeli..
6. Alhamdulillah, bila kita saat ini terjadi kesulitan atas usaha kita karena tidak berkahnya transaksi jual beli kita, karena sayangnya Allah pada kita..maka yg harus kita lakukan adalah :
1. Perbanyak Istighfar
2. Bertobat untuk tidak mengulangi kembali
3. Belajar ilmu agama Islam, tentang aqidah, ibadah dan muamalah, wabil khusus untuk yg terjun di pasar belajar fikih muamalah bab Jual beli
4. Jual asset yg ada untuk membersihkan hutang kita pada intitusi ataupun perorangan atas usaha kita yg tersendat atau terkendala.
5. Perbarui dengan Ilmu untuk memulai usahanya kembali dan seorang muslim tidak ada kata putus asa, kembali bangkit menuju ampunan Allah dan rezeki Allah yg telah disiapkannya bagi Hambanya.
Semoga kita semua termasuk hamba hamba Allah yg Beriman, bertaqwa, dan bertawakkal hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, aamin.

Bila ada kesulitan, hambatan diberikan jalan keluar, serta diberikan rezeki tanpa diduga duga, selanjutnya diberikan kecukupan bila kita ada keperluan, Allahu Akbar..
Ya Ikhwafillah !!!
Jangan ragu :
Membela Agama Allah
Mengamalkan petunjuk Rasulullah..
Menegakkan Kebenaran
Meninggalkan yang Haram
Meninggalkan Dusta
Meninggalkan kecurangan
Semoga Allah memudahkan kita semua untuk memperoleh Hidayah taufiq dalam kehidupan kita sehari hari guna menjalankan hanya beribadah kepada Allah, aamiin.
Akhirnya penulis tetap istiqomah In Sya Allah mengajak antum untuk meninggalkan yg haram dan setiap pagi mendakwahkan.
(iis)

Advertisement

0 Response to "Khiyar Majlis"

Post a Comment